Main Menu

Cara mengatasi perubahan sosial
20.01 | Author: Noesaalas


  Akibat perubahan sosial salah sapatatunya memudarnya jati diri bangsa. Jati diri (human character) adalah suatu sifat, watak, rasa, akal, kehendak, semangat, roh kesadaran dan kekuatan yang terdapat dalam jiwa manusia sebagai hasil proses belajar tentang nilai-nilai budaya yang luas dan yang muncul dalam perilaku atau tindakan. Terdapat jati diri yang bersifat individual, dan juga yang bersifat kolektif (bangsa dan negara). jati diri dapat mengkristal menjadi suatu kesadaran dan kekuatan yang dapat mempengaruhi dan menentukan tindakan atau perilaku, baik secara individual maupun secara kelompok. Jadi diri yang tersusun ini adalah jati diri ideal yang akan membangun identitas diri manusia, bangsa dan negara Indonesia.
                               
Cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa antara lain:
jati harus berbasis kepada budaya dan kepribadian bangsa
jati diri yang telah tersusun harus harus berbasis kepada budaya dan kepribadian Indonesia, antara lain:
(1) religius, (2) humanis, (3) naturalis, (4) terbuka, (5) demokratis, (6) integrasi, (7) nasionalisme dan patriotisme, (8) berkomitmen terhadap kebenaran, (9) jujur dan adil, (10) profesional, (11) ber-iptek, (12)mandiri, (13) etis dan moralis, (14) kepatuhan kepada hukum, (15) berjiwa kemasyarakatan, (16) berjiwa kultural, dan (17) berjiwa seni dan estetika.
2.   memiliki loyalitas terhadap NKRI
            Hubungan antar suku bangsa Indonesia belum harmonis karena banyak suku bangsa yang masih menyatakan adanya dominasi suku-suku besar yang lebih kuat sehingga suku-suku yang lemah merasa dijajah oleh bangsa sendiri. Di samping itu globalisasi dan keterbukaan saat ini telah memperkuat paham etnosentrisme dan primordialisme sehungga beberapa suku bangsa Indonesia ingin mendirikan negara merdeka baru. Tentu keinginan demikian akan mengancam eksistensi NKRI dan pada akhirnya akan melahirkan konflik sosial dengan kekerasan. Maka diharapkan semua suku bangsa masih memiliki loyalitas terhadap NKRI yang telah menjadi ikrar dari pendiri negara RI pada tanggal 17 Agustus 1945.

3.   pembudayaan jati diri melalui sosialisasi dan internalisasi yang berkelanjutan
            Bangsa kita tidak berjati diri keras atau barbar, tetapi berjati diri halus, terbuka dan toleransi, serta selalu menjauhkan diri dari kekerasan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembudayaan jati diri melalui sosialisasi dan internalisasi yang berkelanjutan melalui tempat, seperti: lembaga keluarga, lembaga pendidikan, swata, maupun pemerintah, organisasi sosial, terutama organisasi politik, penyelenggara negara, baik sipil maupun militer, asosiasi sosial ekonomi, media massa, tokoh masyarakat, budaya dan agama, dan individu atau warga negara dimanapun berada sangat perlu dilakukan.
4. memiliki konmitmen tinggi untuk pelestarian unsur dan nilai sosial
      Kita harus menyadari bahwa setiap masyarakat akan menghadapi masalah perubahan sosial yang selalu terjadi sebagai dampak dari proses-proses sosial, seperti modernisasi dan industrialisasi. Sebagaimana dikatakan oleh ahli ilmu sosial Anthony Giddens, bahwa dampak modernisasi itu ada yang positif dan ada yang negatif. Memang modernisasi itu membawa perubahan-perubahan menuju suatu kemajuan sekaligus juga dapat membawa perubahan-perubahan yang bersifat negatif, seperti runtuhnya institusi sosial dan pudarnya budaya lokal. Tradisi dan budaya lokal dapat hilang secara perlahan-lahan karena ditinggalkan oleh masyarakatnya sediri. Perubahan sosial telah menimbulkan dampak pada pola-pola hubungan sosial antar warga masyarakat, dan pola-pola perilaku gaya hidup (life style). Sebagaimana kita ketahui bahwa gaya hidup bebas atau liberal telah berkembang dalam masyarakat sehingga sangat mempengaruhi jati diri manusia bangsa dan negara.


|
This entry was posted on 20.01 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 13 Maret 2014 pukul 17.34 , sablon cup mengatakan...

thank's informasinya, sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

 
On 9 Juli 2019 pukul 03.34 , Ayam Jackpot mengatakan...

MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


* Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

- WA : 08125522303
- BBM : CSID303



Cara Bermain Judi Sabung Ayam Online

Agen Sbobet Depo Cimb

http://178.128.118.38/s128

Situs Poker Online Uang Asli