Main Menu

BK PRIBADI
19.38 | Author: Noesaalas
Bimbingan dan konseling pribadi merupakan proses bantuan untuk memfasilitasi siswa agar memiliki pemahaman tentang karakteristik dirinya, kemampuan mengembangkan potensi dirinya, dan memeahkan masalah-masalah yang dialaminya (Yusuf, 2009: 53).

Menurut Sukardi (2007: 54) bimbingan pribadi membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri, serta sehat jasman dan rohani.

Bimbingan dan konseling pribadi menyangkut pengembangan (a) komitmen hidup beragama, (b) pemahaman sifat dan kemampuan diri, (c) bakat dan minat, (d) konsep diri, dan (e) kemampuan mengatasi masalah-masalah pribadi (stress, frustasi, dan konflik pribadi) (Yusuf, 2009: 53).

Bimbingan ini merupakan layanan yang mengarah kepada pencapaian pribadi yang mantap, dengan memperhatikan keunikan karakteristik pribadi serta ragam permasalahan yang dialami oleh siswa (Yusuf, 2009: 53).



Daftar Pustaka:

Sukardi, D. K (2007). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

This entry was posted on 19.38 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: